Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh ustad, pertanyaan ini dari curhatan teman, dia saat ini bekerja di bank konvensional dan sdh lama ikhtiar dan doa utk bisa keluar dan mencari mendapat pekerjaan di bank syariah atau non bank, namun doa tersebut blm terkabul. Pertanyaan nya :
1. Karna bunga bank konvensional itu dianggap riba, bagaimana menyikapi pendapatan dari hsl riba itu dan apakah bisa terhapus oleh zakat yg sumber nya dari penghasilan lain ?
2. Apakah kita sebagai pengguna produk dan fasilitas bank konvensional sprti ATM, tabungan, dan lainnya termasuk gol yang memakan riba ?
Terima Kasih
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

 

Jawaban:

Wa’alaikumussalam wr wb…

1. Dosa riba tidak bisa dihapuskan oleh zakat dr tempat lain, dosa riba hanya bisa terhapus dgn taubat kpd Alloh dan kemudian tdk mengulanginya lagi…Apabila saat ini blm mendapatkan pekerjaan lain, bertahan sementara tidak apa2 sambil terus mencari dan menolak dgn keimanan di dlm hati..mudah2an Alloh mengampuni dan memberikan pertolongan kpd teman antum.

2. Apabila yg kita pakai adlh bank konvensional, tentunya ada bunga disana…jd pastinya kita terkena dosa ribanya…analoginya simple, apabila ada segelas susu kemudian terkena tetesan air seni satu tetes saja…apakah antum msh mau meminum susunya? Jd sebaiknya pindahkan uang antum ke bank syariah. Kecuali atmnya dipakai utk sekedar transaksional dan tidak tersimpan uangnya disana.

Contoh, kadang2 ada kantor yg mengharuskan membuka tabungan di bank tertentu utk uang gaji, setelah gaji masuk lgsg antum pindahkan ke bank syariah atau tarik tunai semua…kalo spt itu tidak apa2..

Wallohu a’lam bishshowab..