Assalamualaikum Ijinkan sy bertanya…

Ada hal yg akhir2 ini sy sering dengar tentang WAHABI.

Pertanyaan saya
1. apa sebetulnya WAHABI itu?
2. Apakah WAHABI ini sesat?
3. Atau WAHABI ini adalah sebuah Isu/Fitnah yg di tujukan untuk parah Ulama/Ustads/Kyai Ahlulsunnah? Agar Umat Muslim jauh dari sunnah2 Rosulullah?
Mohon pencerahan or tanggapan dr antum sekalian…

 

JAWABAN :

Wa’alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh…

1. Wahabi Salafi atau Wahabi saja adalah istilah yang diidentikkan pada sebuah gerakan Islam politik yang berdiri di kawasan Najed di semenanjung jazirah Arab pada akhir abad ke-12 hijriah atau abad ke-18 masehi yang diprakarsai oleh Muhammad bin Abdul Wahhab (1703 – 1792) dan Muhammad bin Saud (wafat 1765 M). Muhammad bin Saud , yang dikenal sebagai Ibnu Saud, adalah Amir daerah Al-Diriyah dan dianggap sebagai pendiri Negara Saudi dan dinasti Saud Pertama.

Keduanya bersekutu untuk menyebarkan gerakannya. Persekutuan keduanya terus dilanjutkan oleh anak cucu mereka bahkan setelah cicit Ibnu Saud yang bernama lengkap Abdulaziz bin Abdul Rahman bin Faisal bin Turki bin Abdullah ibn Muhammad Al SaudΒ (1876-1953 M) yang juga dikenal sebagai Ibnu Saud Β  berhasil mendirikan kerajaan Arab Saudi (Al-Arabiyah Al-Saudiyah) pada tahun 1932.

Keturunan Muhammad bin Abdul Wahab, yang kemudian dikenal dengan julukan Alus Syeikh dibantu oleh para ulama lain yang berfaham Wahabi mendapat posisi penting dalam pemerintahan baik sebagai pejabat maupun sebagai Dewan Fatwa (Dar Al-Ifta) yang memberikan fatwa tidak saja kepada rakyat tapi juga kepada kerajaan terkait berbagai keputusan besar. Ulama juga mendapat peran besar dalam yudikatif dan pendidikan.

2. Paham Wahabi tidak sesat, hanya memiliki bbrp perbedaan dlm kaidah fiqih..namun jadikanlah perbedaan ini sbg suatu hal yg tidak perlu dibesar2kan krn selama semuanya memiliki dalil yg shohih, maka semua pendapat benar.

3. Sy lebih cenderung memandangnya memang ada pihak2 tertentu yg ingin memecah belah ummat dan menimbulkan kebencian diantara sesama saudara muslim kita..jd kita hrs berhati2 thd semua ancaman dr luar islam..

Insya Alloh Terang Jakarta hadir utk membawa semangat persatuan ummat di dalam dakwah dan tidak ingin mengotak-ngotakan islam, selama tidak ada penyimpangan akidah di dalamnya..

Mudah2an penjelasan sy dapat dimengerti dan dipahami..πŸ™πŸΌπŸ™πŸΌπŸ˜‡

Wallohu a’lam bishshowab…